Gabung Grup WHATSAPP Bahasa Jepang Gabung

Channel Youtube Zeropasento Klik Disini

Sistem Pendidikan Dini Jepang Menjadi Rahasia Orang Jepang Patuh Aturan

Kemandirian Sosial Bagi Anak Kecil Terbiasa Teratur dan Tertata Sejak Kecil Budaya Antri Jepang Sejak Kecil
JOKKAJO.COM「Assalamualaikum」
Halo jo, kali ini saya tertarik membuat artikel tentang sistem pendidikan jepang yang cukup mengesankan terutama dari cara hidup orang jepang itu sendiri, ternyata sikap dan perilaku taat aturan bagi orang jepang adalah implementasi dari sistem pendidikan mereka yang diatur sedemikian rupa bagusny.

Ketika Jepang kalah pada PD 2 pemimpin negara ini memerintahkan untuk menghitung berapa jumlah guru yang tersisa, itu artinya mereka membangun negaranya bukan  dimulai dari infrastruktur bangunan yang rusak akibat perang, tapi dari pendidikan.

nah saya kagum melihat beberapa foto yang di publikasikan pada laman Japan Moment yang menunjukkan foto anak sekolah dasar saat belajar dan penerapannya di lingkungan luar sekolah.

Budaya Antri Jepang Sejak Kecil

Foto anak SD sedang antri, Japan Moment

ini adalah gambar dimana siswa sd di jepang berbaris saat hendak menggunakan fasilitas sekolah, dari kecil mereka mulai ditanamkan nilai moral yang sederhana tapi memiliki dampak besar di masa depannya, saya sendiri sering melihat orang jepang yang tampang urakan tapi tetap antri untuk menggunakan fasilitas umum, walaupun penampilan yang dianggap mengganggu, tapi dari sisi moralitas mereka tetap menerapkan apa yang pernah diajari sewaktu kecil.

siswa sd jepang antri saat naik kereta, Japan Moment

saat akan naik kereta orang jepang terbiasa antri seperti ini dan mendahulukan orang yang keluar dari kereta, karena melihat contoh seperti ini terkadang orang asing pun mengikuti sikap antri seperti ini

Terbiasa Teratur dan Tertata Sejak Kecil

kehidupan sekolah yang sederhana, tertata rapi merupakan pelajaran moral yang diajarkan sejak kecil kepada siswa sekolah dasar, barang harus dikembalikan ke tempatnya jika sudah selesai digunakan yang dalam bahasa jepang dikenal "seiri seiton" yang memiliki arti "penyusunan pemberesan" sehingga terlihat rapi.

kemudian dari segi berpakaian dan alat belajar yang diseragamkan, tas sekolah anak SD di jepang diseragamkan, ini memiliki menghindari kesenjangan sosial diantara siswa yang memiliki fasilitas belajar yang bagus dan kurang bagus. 

Kemandirian Sosial Bagi Anak Kecil

anak-anak jepang diajarkan hal kemandirian dimana dia harus bisa mengurusi dirinya sendiri dan memikirkan hal-hal lain tanpa merepotkan orang disekitarnya


sebisa mungkin melakukan sesuatu hal sendiri karena orang lain juga punya kesibukkannya sendiri, dengan sistem pengajaran seperti ini melatih kemandirian sejak dini sehingga akan terbawa sampai dewasa, tidak terlepas dari itu manusia sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain tetap diajarkan namun dengan konteks timbal balik dari sisi jasa atau pekerjaan nantinya.

Dibiasakan Dengan Lingkungan Yang Bersih


Kehidupan yang bersih juga merupakan pengajaran bagi anak-anak jepang, sehingga mereka dewasa akan terus menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan tidak mengotorinya. Di jepang hampir tidak bisa ditemui tempat sampah di fasilitas publik seperti taman, pasar, jalanan tapi hasilnya hampir tidak ada sampah yang berserakan.

anak-anak jepang juga diajari cara memilah sampah, mulai dari sampah botol, sampah yang bisa dibakar, sampah berbahaya. kontrol kebersihan diterapkan sampai ke lingkungan tempat tinggal di jepang, setiap sampah yang dibuang akan diketahui siapa pemilik sampah tersebut, jika tidak sesuai dengan hari pembuangan sampah atau tidak sesuai dengan kantong sampah yang digunakan maka petugas kebersihan tidak akan membawa sampah tersebut hingga diambil kembali oleh si pembuangnya.

itulah sedikit gambaran tentang sistem pendidikan dini di jepang yang membentuk karaktek dan mental warganya sejak kecil sehingga mereka bergabung ke masyarakat sudah terbiasa dan mau hidup secara teratur.

Terima kasih sudah membaca di JokkaJo.Com, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat. 

Tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang berkenan atau perlu ditambahkan.

「Wassalamualaikum」

___________________________________
Baca Artikel Islami di Dr. Sosmed
Informasi Lowongan Kerja dan Keuangan di Relduit
News Update di Justicer
Blog Support Jokka Jo Dibalik Layar
Media Sharing Jokka Jo Wkwk Share

Ikuti media sosial saya 
Instagram @zeropasento_ | Tiktok Zeropasento | Pinterest Jokkajo_ 
Youtube Zeropasento

Baca ini :
"Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Bermanfaat Untuk Manusia Lainnya" -Muhammad SAW-